FAUNA    |    HIBURAN    |    SEJARAH    |   Cari Artikel...

24 November 2011

Monster Gila, Kadal Berbisa dari Amerika Utara




(Sumber)

Monster Gila (Gila monster; Heloderma suspectum) adalah sejenis monster yang sangat gila & berbahay.... ups, salah deskripsi. Oke oke baiklah, sekarang ayo kita serius! Maaf kalau leluconnya yang tadi tidak lucu. Jadi, monster Gila sebenarnya adalah sebutan untuk sejenis kadal yang mudah dikenali dengan melihat kulitnya yang bercorak kuning & hitam. Nama "Gila" (baca : hila) pada kadal ini sendiri diberikan bukan karena kadal ini punya kelainan jiwa atau semacamnya, tapi karena kadal ini dulunya banyak ditemukan di wilayah Sungai Gila, Arizona, Amerika Serikat (AS).

Monster Gila hanya bisa ditemukan di Amerika Utara, tepatnya mulai dari kawasan barat daya AS hingga kawasan Meksiko bagian utara. Habitat utama dari monster Gila sendiri adalah kawasan padang rumput & belukar, namun mereka juga bisa ditemukan di sekitar aliran sungai yang tepiannya berbatu-batu. Bukan tanpa alasan monster Gila menyukai habitat-habitat macam itu. Monster Gila memerlukan liang atau celah alami yang lembab sebagai tempat beristirahat saat monster Gila sedang tidak aktif beraktivitas. Kalaupun tidak berhasil menemukan liang yang cocok untuk tempat beristirahatnya, monster Gila juga bisa menggali liang sendiri di tanah yang berpasir.



PEMBURU YANG TERGANTUNG SUHU

Monster Gila adalah hewan karnivora yang berarti mereka hidup dari memakan daging. Makanan dari monster Gila sendiri terdiri dari hewan-hewan kecil seperti kelinci kecil, tikus, tupai, kadal, burung, & telur. Saat berburu, monster Gila memanfaatkan indra penciuman & pendengarannya yang tajam untuk mendeteksi keberadaan mangsanya. Bila ia menemukan calon makanannya tersembunyi di dalam tanah (misalnya telur-telur yang dikubur), monster Gila bisa memakai kepala & kaki depannya yang kuat untuk menggali. Selain mampu mencari makan di dalam tanah, monster Gila juga sanggup memanjat pohon kaktus maupun pohon biasa untuk menemukan makanan yang berada di antara pucuk-pucuknya.

Kadal monster Gila yang sedang
memakan bayi tikus. (Sumber)
Monster Gila bisa hidup hanya dengan makan 5 - 10 kali setahun. Namun sekalinya makan, monster Gila bisa mengkonsumsi begitu banyak makanan di mana berat total makanan yang dikonsumsi bisa mencapai sepertiga berat tubuhnya. Jika ia sudah memakan cukup banyak makanan, maka ekornya akan mulai membesar sebagai akibat dari cadangan makan yang menumpuk di sana. Cadangan makanan di ekor inilah yang digunakan oleh monster Gila saat sedang tidak makan. Dengan teknik ini pula, monster Gila bisa bertahan hidup saat makanan di wilayahnya sedang tidak melimpah, misalnya saat musim kering & musim dingin.

Monster Gila adalah hewan diurnal yang berarti mereka lebih aktif beraktivitas saat matahari bersinar. Namun bila suhu lingkungannya sudah terlampau tinggi (misalnya pada siang hari di musim panas), ia akan menghentikan aktivitasnya untuk sementara waktu mengingat sebagai hewan berdarah dingin, suhu tubuh monster Gila sangat bergantung pada suhu lingungannya & suhu terlampau tinggi bisa membahayakan nyawanya. Dalam kondisi tertentu misalnya pada musim panas, monster Gila juga bisa keluar berburu pada malam hari di mana suhu pada malam hari di musim itu cenderung lebih hangat ketimbang musim-musim lainnya.



MANDIRI SEJAK BARU MENETAS

Musim kawin dari monster Gila berlangsung antara bulan Mei hingga Juni. Pada periode ini, monster Gila jantan akan aktif menjulurkan lidahnya untuk mendeteksi jejak bau hormon yang ditinggalkan oleh kadal betina di atas tanah. Begitu pejantan berhasil menemukan betina, pejantan akan menggosokkan dagunya ke punggung betina sebagai tanda ajakan kawin kepada kadal betina. Jika betina menolak, maka betina akan berusaha menggigit balik pejantan. Namun jika betina menerima ajakan kawin jantan, betina akan mengangkat ekornya. Pejantan kemudian akan menaruh ekornya ke bawah ekor betina & mulai menyalurkan sperma ke dalam lubang kelamin betina di mana aktivitas penyaluran sperma ini bisa berlangsung hingga 1 jam lebih.

Bayi monster Gila yang
baru menetas. (Sumber)
Monster Gila betina yang sudah melakukan perkawinan selanjutnya akan mulai mencari liang yang bisa dipakainya untuk bertelur di mana waktu bertelur dari monster Gila biasanya berlangsung antara bulan Juli hingga Agustus - kurang lebih sebulan sesudah mereka pertama kali melakukan perkawinan. Telur-telur yang dikeluarkan oleh monster Gila jumlahnya bisa mencapai 12 butir, namun biasanya jumlah telur yang dikeluarkan hanya setengahnya. Jika sudah mengeluarkan seluruh telurnya, hal berikutnya yang akan dilakukan oleh monster Gila betina adalah menutupi liang berisi telur-telur tersebut dengan pasir, lalu meninggalkannya.

Telur dari monster Gila memerlukan waktu hingga 9 bulan untuk menetas di mana anakan yang baru menetas panjangnya mencapai 16 cm. Anakan yang baru menetas itu sudah harus mencari makan sendiri di mana seiring berjalannya waktu, tubuhnya akan terus mengalami pertumbuhan. Ketika mencapai usia antara 3 - 5 tahun, barulah monster Gila mencapai kematangan seksual & sudah bisa melakukan perkawinan. Seekor monster Gila diketahui bisa hidup hingga usia maksimal 20 tahun dengan panjang tubuh maksimal 60 cm.



DITAKUTI & DICARI-CARI MANUSIA

Monster Gila sejak lama sudah memiliki reputasi yang menakutkan di antara manusia. Salah satu mitos lokal yang banyak dipercaya adalah monster Gila sangat berbahaya bagi manusia karena bisa meludahkan racunnya dari jarak jauh. Ukurannya yang agak besar & warnanya yang mencolok juga membuat orang awam takut duluan saat melihat kadal ini. Sebagai akibatnya, monster Gila kerap dibunuh oleh manusia yang merasa takut akan penampilannya. Semakin banyaknya pemukiman yang dibangun oleh manusia yang mulai merambah habitat liar dari monster Gila juga membuat semakin banyak monster Gila yang mati dibunuh oleh manusia.

Monster Gila yang sedang
menjulurkan lidahnya. (Sumber)
Sekarang, mari kita lihat apakah monster Gila memang menakutkan seperti yang ada di dalam pikiran orang awam. Monster Gila sendiri pada dasarnya memang beracun & racunnya bahkan disebut-sebut tak kalah kuat dibandingkan racun ular koral, namun racunnya sendiri dianggap tidak berbahaya bagi manusia karena monster Gila harus menggigit manusia dalam waktu lama agar racunnya bisa mencapai dosis yang mematikan bagi manusia. Tak hanya itu, perilaku dari monster Gila yang cenderung pasif & lambat juga membuat kadal ini hampir tidak pernah menyerang manusia secara membabi buta. Singkatnya, monster Gila adalah hewan yang TIDAK berbahaya bagi manusia.

Selain dibunuh karena rasa takut, monster Gila juga diburu karena bisa dijadikan salah satu hewan peliharaan alternatif yang eksotis & adanya kepercayaan bahwa mengkonsumsi organ kelamin dari monster Gila bisa menambah vitalitas. Tak hanya itu, aktivitas pembangunan pemukiman manusia & perusakan habitat juga dianggap sebagai ancaman yang tidak bisa disepelekan bagi kelestarian monster Gila. Sebagai tindakan antisipasi, pemerintah-pemerintah negara bagian dari habitat liar kadal ini pun sudah mengeluarkan peraturan yang melarang segala macam bentuk pembunuhan, perburuan, & perdagangan dari kadal ini. Semoga saja peraturan dari pemerintah setempat & pengawasan yang ketat bisa membantu menjaga keberadaan satwa unik ini di alam liar.

Di luar penampilannya yang berbahaya, monster Gila sebenarnya adalah hewan yang berguna bagi manusia karena membantu memakan hewan-hewan pengerat yang menjadi hama bagi manusia. Belakangan, serangkaian penelitian yang dilakukan pada air liur monster Gila juga berhasil mendapatkan obat alternatif baru bernama exenatide yang berguna bagi penderita kencing manis (diabetes melitus). Menurut hasil penelitian tersebut, zat kimia yang terkandung dalam air liur monster Gila disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan & mengontrol kadar gula darah. Selain untuk obat kencing manis, para ilmuwan juga sedang mempelajari kemungkinan penggunaan air liur monster Gila sebagai obat untuk membantu mengatasi penyakit hilang ingatan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Superfamili : Varanoidea
Famili : Helodermatidae
Genus : Heloderma
Spesies : Heloderma suspectum (Cope, 1869)



REFERENSI

Animal Diversity Web - Heloderma suspectum : Information
Blue Planet Biomes - Banded Gila Monsters
DesertUSA - Gila Monster
Wikipedia - Gila monster


     
COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

6 komentar:

  1. jiahahahaha kupikir tadi gile beneran
    rupanya dibaca "hila"

    BalasHapus
  2. After read this blog i stay impressive with the whole information because is absolutely interesting and wonderful .I like the new ideas raised in this blog. I must to say that I liked a lot the design and the way it was written. Simply wonderful.

    http://schools2012.blogspot.com

    http://studyrank.com

    BalasHapus
  3. omong2, apa artinya 'Gila' (sbg nama sungai) tadi ya...mgkn hsa Indian...

    BalasHapus
  4. Popular theory says that the word Gila was derived from a Spanish contraction of Hah-quah-sa-eel, a Yuma word meaning "running water which is salty"
    (wikipedia, Gila River)
    akhirnya dapet juga maknanya ^^V

    BalasHapus
  5. @emon
    Sip. Makasih ya buat tambahan infonya :)

    BalasHapus
  6. ayo semangaaaaaaaaaaattt.......

    BalasHapus




Komentar dari para pengunjung sangat dibutuhkan agar Republik ini bisa terus mengembangkan diri. Jadi, silakan melakukannya selama komentar yang anda buat tidak mengandung unsur pornografi, provokasi SARA, kata-kata kasar, & link berbau iklan.

Bila anda ingin berkomentar dengan memakai nama anda sendiri, klik menu dropdown yang terletak di samping kanan tulisan "Beri komentar sebagai:". Lalu pilih opsi "Name/URL". Isikan nama anda di kolom nama, lalu isikan sembarang alamat situs di kolom URL (misalnya www.google.com).

Bila anda ingin mencetak atau menyimpan artikel, silakan menuju "PUSAT LOGISTIK" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, silakan tinggalkan pesan di kotak komentar.